BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Penerbit Republika merupakan perusahaan
yang bergerak dalam bidang penerbitan. Perusahaan penerbitan berkonsentrasi
dibidang menerbitkan sebuah buku.
Penerbit Republika berada di Blok I nO, Jl. Kav. Polri Blok J No.65, RT.6/RW.6, Jagakarsa, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penerbit Republika banyak menerbitkan berbagai macam buku – buku tetapi buku ynag sering diterbitkan adalah buku-buku tentang religi dan novel.
Penerbit Republika berada di Blok I nO, Jl. Kav. Polri Blok J No.65, RT.6/RW.6, Jagakarsa, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penerbit Republika banyak menerbitkan berbagai macam buku – buku tetapi buku ynag sering diterbitkan adalah buku-buku tentang religi dan novel.
1.2 Rumusan
masalah
Penerapan
system informasi pada penerbit republika dan penerapan sistem informasi
manajemen yang berupa prosedur-prosedur kerja.
1.3 Maksud
dan tujuan
Dengan adanya makalah
ini kita dapat mengetahui penerapan sistem informatika pada Penerbit Republika
dan juga dapat menyimpulkan penerapan tersebut dengan mudah.
1.4 Metode
penulisan
Metode
yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah pengumpulan data-data.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1Teori
Sistem Informasi
2.1.1 Definisi
Sistem :
1. Lebih menekankan pada prosedur dan
komponen atau elemennya.
2. Jaringan kerja dari prosedur
lebih menekankan urutan-urutan operasi dalam system
Pendekan
system lebih menekankan pada prosedur dan komponen atau elemennya itu sendiri.
·
Jerri FitzGerald, Warren D. Stallings,
Jr., (1981) mengungkapkan bahwa suatu system adalah suatu jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan.
Pendekatan system kedua lebih menekankan
pada jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi
didalam system untuk mendefinisikan sistemnya.
·
Richard F. Neuschel (1960) mengungkapkan
bahwa suatu urutan-urutan operasi tulis menulis biasanya melibatkan beberapa
orang di dalam satu atau lebihh departemen, yang diterapkan untuk menjamin
penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
Kedua kelompok definisi ini adalah benar
dan tidak bertentangan, yang berbeda adalah cara pendekatannya. Karena pada
hakekatnya setiap komponen system, untuk dapat saling berinteraksi dan untuk
mencapai tujuan tertentu harus melakukan sejumlah prosedur, medote, dan cara
kerja yang juga saling berintraksi.
2.1.2
Konsep Dasar Informasi
Menurut Robrt N. Anthny dan John Dearden
informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih
berarti bagi penerimanya.
2.1.3
Kualitas Informasi
Tergantung dari 3 hal yaitu :
1.
Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak
menyesatkan. Inforasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke
penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat berubah atau
merusak informasi tersebut.
2.
Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh
terlambat.
3. Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai
manfaat untuk pemakainya.
2.2
Teori penerbitan dan percetakan
2.2.1 Teori Penerbitan
Penerbitan
adalah kegiatan yang memerlukan proses panjang, melibatkan banyak waktu dan
orang. Sebagai proses, ilmu penerbitan tidak berdiri sendiri karena memerlukan
beberapa keahlian intelektuan yang terlibat dalam proses penerbitan.
Penerbitan
merupakan kegiatan intelektual dan professional dalam menyiapkan naskah dan
menghasilkan berbagai jenis bahan publikasi kemudian memperbanyak dan
disebarluaskan untuk kepentingan umum.
Penerbitan terbagi dalam 2 jenis,
yaitu penerbitan khusus dan pers.
Teori-teori :
·
Authoritarian Theory
Berpijak
pada falsafah : membela kekuasaan absolut. Kebenaran dipercayakan hanya pada
segelintir orang bijaksana yang mampu memimpin.Posisi negara jauh lebih tinggi
dibanding individu.
·
Libertarian Theory
Berpijak pada falsafah : manusia adalah makhluk
rasional yang bias membedakan baik dan buruk. Pers adalah alat, mitra untuk
mencari kebenaran bukan sebagai alat
pemerintah. Sebaliknya dalam teori ini pers didorong untuk mengawasi
pemerintah.
·
Teori Komunikasi
Istilah
komunikasi (communication) bersumber dari kata communis yang berarti sama, sama
di sini adalah sama makna. Teori kimunikasi adalah satu pandangan dan strategi
yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk suatu perkara yang hendak
dilaksanakan. Dalam proses komunikasi teori akan membina bentuk dan kaidah
komunikasi yang hendak dibuat. Terdapat dua aspek utama yang dilihat secara
tidak langsung dalam bidang ini sebagai satu bidang pengkajian yang baru. Teori
Percetakan
2.2.2
Teori Percetakan
Percetakan
adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara
masal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta diatas kertas menggunakan
sebuah mesin cetak. Yang merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan
transaksi.
Percetakan mempunyai catatan sejarahnya
sendiri.Sejarah menuliskan informasi
tanggal dari gambar diding gua yang
berumur lebih dari 30.000 tahun. Pada tahun 2500 B.C., orang mesir mengukir
hieroglyphics pada batu . akan tetapi, percetakan yang kita ktahiu sekarang
tidak ditentukan hingga lebih dari sekitar 500 tahun yang lalu.
Di Eropa sebelum percetakan ditemukan,
semua informasi yang tercatat ditulis dengan tangan.Buku-buku dengan hati-hati
disalin oleh ahli tulis yang sering menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk
menyelesaikan satu jilid buku. Metode ini begitu lambat dan mahal dan hanya
sedikit orang yang memiliki kesempatan atau kemampuan untuk membaca karya yang
telah selesai.
Teknik cetak pertama
kali yang dikenal
mulai dari kota Mainz, Jerman pada tahun 1440 yang merupakan sentra
kerajinan uang logam saat itu. Pertamakali metode cetak diterkenalkan oleh
Johannes Gutenberg dengan inspirasi uang logam yang digesekan dengan arang ke
atas kertas.
Relief uang logam menimbulkan ide untuk
membuat permukaan dengan tinggi bervariasi, yang dikenal dengan nama cetak
tinggi.
Beberapa
macam jenis cetakan yang sering digunakan :
1. Cetak
Tinggi
·
Bagian yang mencetak terletak lebih
tinggi dari bagian yang tidak mencetak.
2. Cetak
Datar
·
Bagian yang mencetak dan bagian yang
tidak mencetak terletak sama tinggi.
3. Cetak
Dalam
·
Bagian yang mencetak terletak lebih
rendah daripada bagian yang tidak mencetak.
4. Cetak
Saring/Cetak Sablon/Silk Screen/Screen Printing
·
Bagian yang mencetak berbentuk lubang
dari suatu saringan.
BAB III
Penerbit
Republika
3.1 Republika
Penerbit
Republika adalah penerbit yang dimulai dari sebuah divisi penerbitan buku surat
kabar ternama yaitu Harian Republika, lalu menjadi perusahaan
penerbitan di Juni 2013 dengan nama PT Pustaka Abdei Bangsa dan Republika
Penerbit sebagai nama brandnya. Pada tahun 2011, republika meluncurkan brand
Mahaka Publishing sebagai imprint Republika Penerbit. Dan, di tahun
2012,republika meluncurkan Republika Digital Publishing.
Secara
kelembagaan, penerbit republika merupakan salah satu unit usaha yang tergabung
di Republika Group of Companies. Yang tergabung bersama 1 unit usaha dengan
Republika Group of Companies. adalah :
• Republika
(koran)
• Republika
Online [ROL] (portal berita)
• dan
RMV (Aliftv, TV berbayar) dan Republika Digital.
Pada saat yang sama pula Republika
Group Companies sendiri tergabung dalam Grup usaha Mahaka Media, di mana di
dalamnya terdapat unit usaha, di antaranya :
-
Gen FM
-
Jak FM (radio)
-
Gen FM
-
Delta FM
-
FeMale Radio
-
Prambors
-
Jaktv (televisi)
-
Alif TV
-
Parents Indonesia
-
Golf Digest(Majalah)
-
Mahaka Advertasing (advertasing)
-
Raja Karcis (tiketing)
-
Dll
Direktur
utama Republika saat ini adalah Erick Thohir yang juga merupakan
Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI)
periode 2010 - 2013. Erick Thohir juga merupakan presiden Inter
Milan (Italia) dan DC United (Amerika Serikat), dua klub sepak bola. Selain
itu, memiliki saham di Persib Bandung. Erick juga pemilik klub basket Indonesia
Warrior di liga basket ASEAN dan klub basket Satria Muda Britama di Liga Basket
Indonesia.
3.2 Buku
Terbitan Republika
Penerbit
Republika dikenal dengan menerbitan berbagai macam buku yang berisi tentang
agama islam dan novel islami. Buku Panduan Puasa, karya Cendekiawan Muslim
Indonesia terkemuka, Prof. Dr. Quraish Shihab, menjadi buku pertama terbitan
Republika. Lalu, terbitlah karya-karya luar biasa Republika, seperti Ayat-Ayat
Cinta, karya novelis nomor 1 di Indonesia,
Habiburrahman El Shirazy. Sebuah novel Mega Best Seller (terjual l ebih dari 800 ribu eksemplar) yang
berhasil meraih penghargaan sebagai Novel Fiksi Dewasa Terbaik tahun 2006, dan
telah difilmkan (2008) dan menjadi box office.
Lalu,
lahirlah buku-buku beragam genre mulai dari Islam Populer, Islam Referensial,
Novel, Memoar, How to, Cerita Anak, Picture Book, dll.
Semua
buku terbitan Republika dapat diperoleh dengan mudah di hampir seluruh pelosok
Indonesia. Penjualannya dilakukan lewat jaringan toko buku Gramedia, toko buku
Gunung Agung, Toko buku Karisma, TM Book Store, dan toko buku lainnya. Selain
itu, Penerbit Republika juga mendistribusikan melalui Agen Buku di Jakarta dan
daerah. Buku-buku terbitan Republika juga bisa didapatkan dengan mudah di
online bookstore, yang di kelola sendiri di www. bukurepublika.id.
Selain
novel ayat-ayat Cinta yang telah diangkat di layar lebar ada banyak buku-buku
terbitan penerbit yang diadaptasi menjadi sebuah film dan sinetron misalnya:
- Ketika Cinta
Bertasbih (film, 2009 dan sinetron, 2010).
- Hafalan Shalat Delisa
(film,
2011).
- Bidadari-Bidadari
Surga (film, 2012).
- Moga Bunda Disayang
Allah (film, 2013).
- Serial Anak Mamak [Amelia,
Burlian, Pukat, Eliana] (sinetron, 2013).
3.3 Visi
dan Misi Penerbit Republika
Setiap perusahaan
penerbit maupun perusahaan yang bergerak dibilang lain pasti saat membuat
perusahaan tersebut memiliki sebuah visi dan misi. Dan penerbit Republika
sendiri juga memliki visi dan misi tersebut, yaitu:
·
Visi Penerbit Republika adalah Modern,
Moderat, Muslim, Kebangsaan, dan Kerakyatan.
·
Misi Penerbit Republika adalah sebagai
penerbit masyarakat baru yang maju, cerdas, dan beradab.
3.4 Susunan
atasan direksi dan manajemen Penerbit Republika
Direktur
:
Erick Thohir
GM
Marketing :
Awod Said
GM
Promosi dan Redaksi :
Syahruddin El-Fikri
Pemimpin
Redaksi :
Nasihin Masha
Redaktur
Madya :
Hasan Murtiaji
Redaksi
Berita :
Subroto Kardjo
Pengatur
redaksi, dan desain : Kumara Dewatasari

3.5 Syarat
mengirimkan naskah ke Republika
Setiap
penerbit pasti menerima dan mencari-cari naskah-naskah dari penulis, entah itu
penulis amatir maupun yang sudah profesional. Dan penerbit Republika memiliki
kategori naskah-naskah yang akan diterima adalah :
·
Naskah berupa fiksi ataupun nonfiksi
·
Formatnya bisa dalam bentuk novel,
novel, dongeng, fabel, cerita bergambar (dengan atau tanpa gambar), how to,
atau yang lainnya
·
Tebal naskah maksimal 75 halaman, ukuran
A4, spasi ganda, dan Times New Roman 12
·
Naskah dikirimkan lewat email (softcopy)
ke redaksipab@republikapenerbit.com naskah juga bisa dikirim dalam bentuk
hardcopy ke alamat Penerbit Republika
BAB IV
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
Penerbit
Republika adalah sebuah penerbitan yang lahir dari sebuah divisi penerbitan
buku surat kabar ternama yaitu Harian Republika. Penerbit republika sendiri di direkturi oleh Erick
Thohir dan penerbit republika sudah mengeluarkan bermacam-macam buku yang
terkenal dan bagus. Penerbit republika memiliki visi dan misi yaitu Modern,
Moderat, Muslim, Kebangsaan, dan Kerakyatan penerbit masyarakat baru yang maju,
cerdas, dan beradab.
4.2 Kesan dan pesan
Diharapkan setelah membaca makalah ini dapat mengetahui tentang penerapan system
informatika yang ada di PT Macana Jaya Cemerlang. Dan dapat memahami system informatika yang diterapkan
sehingga dapat dijadikan acuan untuk kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
https://adelfa.wordpress.com/about/?_e_pl_=7%2CPAGE_ID10%2C7048441078
http://dimasekonugroho.blogspot.co.id/2016/05/teori-penerbitan-teori-komunikasi-dan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Republika_(surat_kabar)
http://bukurepublika.id/




0 komentar:
Posting Komentar