• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!

Sabtu, 31 Desember 2016

Makalah Penerbitan Republika

10.11 // by ARCnera // No comments

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Penerbit Republika merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan. Perusahaan penerbitan berkonsentrasi dibidang menerbitkan sebuah buku.
Penerbit Republika berada di Blok I nO, Jl. Kav. Polri Blok J No.65, RT.6/RW.6, Jagakarsa, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penerbit Republika banyak menerbitkan berbagai macam buku – buku tetapi buku ynag sering diterbitkan adalah buku-buku tentang religi dan novel.


1.2  Rumusan masalah
Penerapan system informasi pada penerbit republika dan penerapan sistem informasi manajemen yang berupa prosedur-prosedur kerja.

1.3  Maksud dan tujuan
Dengan adanya makalah ini kita dapat mengetahui penerapan sistem informatika pada Penerbit Republika dan juga dapat menyimpulkan penerapan tersebut dengan mudah.

1.4  Metode penulisan
Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah pengumpulan data-data.





BAB II
LANDASAN TEORI

2.1Teori Sistem Informasi
2.1.1    Definisi Sistem :
1. Lebih menekankan pada prosedur dan komponen atau elemennya.
2. Jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi dalam system
Pendekan system lebih menekankan pada prosedur dan komponen atau elemennya itu sendiri.
·         Jerri FitzGerald, Warren D. Stallings, Jr., (1981) mengungkapkan bahwa suatu system adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan.
Pendekatan system kedua lebih menekankan pada jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi didalam system untuk mendefinisikan sistemnya.
·         Richard F. Neuschel (1960) mengungkapkan bahwa suatu urutan-urutan operasi tulis menulis biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebihh departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
Kedua kelompok definisi ini adalah benar dan tidak bertentangan, yang berbeda adalah cara pendekatannya. Karena pada hakekatnya setiap komponen system, untuk dapat saling berinteraksi dan untuk mencapai tujuan tertentu harus melakukan sejumlah prosedur, medote, dan cara kerja yang juga saling berintraksi.
2.1.2        Konsep Dasar Informasi
Menurut Robrt N. Anthny dan John Dearden informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.


2.1.3        Kualitas Informasi
Tergantung dari 3 hal yaitu :
1. Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. Inforasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat berubah atau merusak informasi tersebut.
2. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
3. Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
2.2    Teori penerbitan dan percetakan
2.2.1 Teori Penerbitan
Penerbitan adalah kegiatan yang memerlukan proses panjang, melibatkan banyak waktu dan orang. Sebagai proses, ilmu penerbitan tidak berdiri sendiri karena memerlukan beberapa keahlian intelektuan yang terlibat dalam proses penerbitan.
Penerbitan merupakan kegiatan intelektual dan professional dalam menyiapkan naskah dan menghasilkan berbagai jenis bahan publikasi kemudian memperbanyak dan disebarluaskan untuk kepentingan umum.

Penerbitan terbagi dalam 2 jenis, yaitu penerbitan khusus dan pers.
Teori-teori :
·         Authoritarian Theory
Berpijak pada falsafah : membela kekuasaan absolut. Kebenaran dipercayakan hanya pada segelintir orang bijaksana yang mampu memimpin.Posisi negara jauh lebih tinggi dibanding individu.


·         Libertarian Theory
Berpijak  pada falsafah : manusia adalah makhluk rasional yang bias membedakan baik dan buruk. Pers adalah alat, mitra untuk mencari  kebenaran bukan sebagai alat pemerintah. Sebaliknya dalam teori ini pers didorong untuk mengawasi pemerintah.
·         Teori Komunikasi
Istilah komunikasi (communication) bersumber dari kata communis yang berarti sama, sama di sini adalah sama makna. Teori kimunikasi adalah satu pandangan dan strategi yang akan membentuk alat dan rangka kerja untuk suatu perkara yang hendak dilaksanakan. Dalam proses komunikasi teori akan membina bentuk dan kaidah komunikasi yang hendak dibuat. Terdapat dua aspek utama yang dilihat secara tidak langsung dalam bidang ini sebagai satu bidang pengkajian yang baru. Teori Percetakan
2.2.2 Teori Percetakan
Percetakan adalah  sebuah  proses industri untuk memproduksi secara masal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta diatas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Yang merupakan sebuah bagian  penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.
Percetakan mempunyai catatan sejarahnya sendiri.Sejarah  menuliskan informasi tanggal dari gambar diding  gua yang berumur lebih dari 30.000 tahun. Pada tahun 2500 B.C., orang mesir mengukir hieroglyphics  pada batu . akan  tetapi, percetakan yang kita ktahiu sekarang tidak ditentukan hingga lebih dari sekitar 500 tahun yang lalu.
Di Eropa sebelum percetakan ditemukan, semua informasi yang tercatat ditulis dengan tangan.Buku-buku dengan hati-hati disalin oleh ahli tulis yang sering menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan satu jilid buku. Metode ini begitu lambat dan mahal dan hanya sedikit orang yang memiliki kesempatan atau kemampuan untuk membaca karya yang telah selesai.
Teknik cetak  pertama  kali  yang  dikenal  mulai dari kota Mainz, Jerman pada tahun 1440 yang merupakan sentra kerajinan uang logam saat itu. Pertamakali metode cetak diterkenalkan oleh Johannes Gutenberg dengan inspirasi uang logam yang digesekan dengan arang ke atas kertas.
Relief uang logam menimbulkan ide untuk membuat permukaan dengan tinggi bervariasi, yang dikenal dengan nama cetak tinggi.
Beberapa macam jenis cetakan yang sering digunakan :
1.      Cetak Tinggi
·         Bagian yang mencetak terletak lebih tinggi dari bagian yang tidak mencetak.
2.      Cetak Datar
·         Bagian yang mencetak dan bagian yang tidak mencetak terletak sama tinggi.
3.      Cetak Dalam
·         Bagian yang mencetak terletak lebih rendah daripada bagian yang tidak mencetak.
4.      Cetak Saring/Cetak Sablon/Silk Screen/Screen Printing
·         Bagian yang mencetak berbentuk lubang dari suatu saringan.










BAB III
Penerbit Republika
3.1  Republika
Penerbit Republika adalah penerbit yang dimulai dari sebuah divisi penerbitan buku surat kabar ternama yaitu Harian Republika, lalu menjadi perusahaan penerbitan di Juni 2013 dengan  nama PT Pustaka Abdei Bangsa dan Republika Penerbit sebagai nama brandnya. Pada tahun 2011, republika meluncurkan brand Mahaka Publishing sebagai imprint Republika Penerbit. Dan, di tahun 2012,republika meluncurkan Republika Digital Publishing.
Secara kelembagaan, penerbit republika merupakan salah satu unit usaha yang tergabung di Republika Group of Companies. Yang tergabung bersama 1 unit usaha dengan Republika Group of Companies. adalah :
      Republika (koran)
      Republika Online [ROL] (portal berita)
      dan RMV (Aliftv, TV berbayar) dan Republika Digital.
            Pada saat yang sama pula Republika Group Companies sendiri tergabung dalam Grup usaha Mahaka Media, di mana di dalamnya terdapat unit usaha, di antaranya :


-          Gen FM
-          Jak FM (radio)
-          Gen FM
-          Delta FM
-          FeMale Radio
-          Prambors
-          Jaktv (televisi)
-          Alif TV
-          Parents Indonesia
-          Golf Digest(Majalah)
-          Mahaka Advertasing (advertasing)
-          Raja Karcis (tiketing)
-          Dll



Direktur utama Republika saat ini adalah Erick Thohir yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) periode 2010 - 2013. Erick Thohir juga merupakan presiden Inter Milan (Italia) dan DC United (Amerika Serikat), dua klub sepak bola. Selain itu, memiliki saham di Persib Bandung. Erick juga pemilik klub basket Indonesia Warrior di liga basket ASEAN dan klub basket Satria Muda Britama di Liga Basket Indonesia.

3.2  Buku Terbitan Republika
Penerbit Republika dikenal dengan menerbitan berbagai macam buku yang berisi tentang agama islam dan novel islami. Buku Panduan Puasa, karya Cendekiawan Muslim Indonesia terkemuka, Prof. Dr. Quraish Shihab, menjadi buku pertama terbitan Republika. Lalu, terbitlah karya-karya luar biasa Republika, seperti Ayat-Ayat Cinta, karya novelis nomor 1 di Indonesia, Habiburrahman El Shirazy. Sebuah novel Mega Best Seller (terjual l ebih dari 800 ribu eksemplar) yang berhasil meraih penghargaan sebagai Novel Fiksi Dewasa Terbaik tahun 2006, dan telah difilmkan (2008) dan menjadi box office.
Lalu, lahirlah buku-buku beragam genre mulai dari Islam Populer, Islam Referensial, Novel, Memoar, How to, Cerita Anak, Picture Book, dll.
Semua buku terbitan Republika dapat diperoleh dengan mudah di hampir seluruh pelosok Indonesia. Penjualannya dilakukan lewat jaringan toko buku Gramedia, toko buku Gunung Agung, Toko buku Karisma, TM Book Store, dan toko buku lainnya. Selain itu, Penerbit Republika juga mendistribusikan melalui Agen Buku di Jakarta dan daerah. Buku-buku terbitan Republika juga bisa didapatkan dengan mudah di online bookstore, yang di kelola sendiri di www. bukurepublika.id.

Selain novel ayat-ayat Cinta yang telah diangkat di layar lebar ada banyak buku-buku terbitan penerbit yang diadaptasi menjadi sebuah film dan sinetron misalnya:
- Ketika Cinta Bertasbih (film, 2009 dan sinetron, 2010).
- Hafalan Shalat Delisa (film, 2011).
- Bidadari-Bidadari Surga (film, 2012).
- Moga Bunda Disayang Allah (film, 2013).
- Serial Anak Mamak [Amelia, Burlian, Pukat, Eliana] (sinetron, 2013).

3.3  Visi dan Misi Penerbit Republika
Setiap perusahaan penerbit maupun perusahaan yang bergerak dibilang lain pasti saat membuat perusahaan tersebut memiliki sebuah visi dan misi. Dan penerbit Republika sendiri juga memliki visi dan misi tersebut, yaitu:
·         Visi Penerbit Republika adalah Modern, Moderat, Muslim, Kebangsaan, dan Kerakyatan.
·         Misi Penerbit Republika adalah sebagai penerbit masyarakat baru yang maju, cerdas, dan beradab.

3.4  Susunan atasan direksi dan manajemen Penerbit Republika
Direktur                                               : Erick Thohir
GM Marketing                                    : Awod Said 
GM Promosi dan Redaksi                   : Syahruddin El-Fikri
Pemimpin Redaksi                              : Nasihin Masha
Redaktur Madya                                 : Hasan Murtiaji
Redaksi Berita                                    : Subroto Kardjo
Pengatur redaksi, dan desain             : Kumara Dewatasari


3.5  Syarat mengirimkan naskah ke Republika
Setiap penerbit pasti menerima dan mencari-cari naskah-naskah dari penulis, entah itu penulis amatir maupun yang sudah profesional. Dan penerbit Republika memiliki kategori naskah-naskah yang akan diterima adalah :

·         Naskah berupa fiksi ataupun nonfiksi
·         Formatnya bisa dalam bentuk novel, novel, dongeng, fabel, cerita bergambar (dengan atau tanpa gambar), how to, atau yang    lainnya
·         Tebal naskah maksimal 75 halaman, ukuran A4, spasi ganda, dan Times New Roman 12
·         Naskah dikirimkan lewat email (softcopy) ke redaksipab@republikapenerbit.com naskah juga bisa dikirim dalam bentuk hardcopy ke alamat  Penerbit Republika

BAB IV
KESIMPULAN
4.1  Kesimpulan
Penerbit Republika adalah sebuah penerbitan yang lahir dari sebuah divisi penerbitan buku surat kabar ternama yaitu Harian Republika. Penerbit republika sendiri di direkturi oleh Erick Thohir dan penerbit republika sudah mengeluarkan bermacam-macam buku yang terkenal dan bagus. Penerbit republika memiliki visi dan misi yaitu Modern, Moderat, Muslim, Kebangsaan, dan Kerakyatan penerbit masyarakat baru yang maju, cerdas, dan beradab.

4.2 Kesan dan pesan
Diharapkan setelah membaca makalah ini dapat mengetahui tentang penerapan system informatika yang ada di PT Macana Jaya Cemerlang. Dan dapat memahami system informatika yang diterapkan sehingga dapat dijadikan acuan untuk kedepannya.














DAFTAR PUSTAKA
https://adelfa.wordpress.com/about/?_e_pl_=7%2CPAGE_ID10%2C7048441078
http://dimasekonugroho.blogspot.co.id/2016/05/teori-penerbitan-teori-komunikasi-dan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Republika_(surat_kabar)
http://bukurepublika.id/


0 komentar:

Posting Komentar